4.17.2010

Trik Jitu Bikin Presentasi Menarik



Seringkali kita terjangkit rasa grogi pada saat presentasi. Nggak jarang juga kita sudah ngerasa stress duluan sebelum menyampaikan presentasu. Bagaimana cara bikin presentasi jadi menarik dan efektif saat menyampaikan presentasi di depan umum. Yuk kita simak tipsnya!



1. Kenali audiensmu mulai dari latar belakang karakternya . Jika masih sekolah atau kuliah cukup datang lebih awal dan serap suasana yang menyenangkan.

2. Usahakan jangan hanya membaca saja. Jangan membiasakan diri tergantung pada teks.

3. Perhatikan intonasi suaramu jangan membuat audiensmu bosan. Jaga volume suara dan juga jaga nada suara agar tidak monoton sehingga dapat membuat audiens menjadi bosan.

4. Gunakanlah pakaian yang tepat dan nyaman dengan begitu kamu bisamembuatmu semakin pede. Pilihlah pakaian yang sopan dan tidak membuatmu kikuk saat tampil di depan audiens.

5. Gunakan kesempatan di menit-menit awal presentasi dengan gaya bicara yang menarik untuk menarik perhatian audiens. Pembukaan presentasi yang klise seperti sambutan Pak RT akan membuat hadirin bete sehingga perhatian mereka tidak sepenuhnya tercurah padamu.

6. Buatlah daftar konsep mengenai apa saja yang akan disampaikan lalu kembangkan poin-poin percakapan yang mendukung konsep tersebut. Beri penekanan pada isi yang kamu anggap penting.

7. Saat audiens merasa jenuh ajaklah berdialog dan berilah sedikit jokes agar suasana mencair.



Semoga trik dan tips diatas dapat membantumu. Selamat berpresentasi!




0 komentar: